Cara mengatasi "There might be a problem with the driver for the WiFi adapter - Failed"

Saat menyalakan laptop dan melihat pada network bar, saya terkejut karena tombol untuk menyalakan atau mematikan WiFi tidak ada dan hanya tersisa tombol Mode Pesawat. Kemudian saya periksa ke Network Sharing and Centre dibagian Adapter Settings dan disitu masih ada Wireless Adapternya, lalu saya mencoba untuk menghapus perangkat tersebut dan memasang ulang tetapi sama saja hasilnya, tidak ada perubahan. Lalu saya mencoba menjalankan troubleshoot pada kartu jaringan, namun hasilnya tetap tidak ada perubahan. Kemudian saya lanjut berfikir apa jangan-jangan ada sesuatu di Service, kemudian saya buka dan ternyata layanan WLAN AutoConfignya mati. kemudian saya nyalakan dan tombol WiFi yang hilang, kembali terlihat.

Berikut adalah caranya.

1. Tekan tombol Windows bersamaan dengan tombol R pada desktop, lalu ketik service.msc pada RUN.

Untuk Windows 8 keatas hanya meng-klik kanan pada tombol Start lalu klik Computer management, kemudian pilih Services and Applications dan services.

2. Setelah Services terbuka kalian cari WLAN AutoConfig, kemudian klik kanan dan klik properties. Disini saya mendapatkan status yang tidak bertuliskan alias Tidak Jalan atau Not Running.


3. Ubah startup type dari Disable ke Automatic lalu klik Apply.


4. Setelah di Apply klik Start dan klik Ok


5. Sekarang lihat pada Network bar dan lihat hasilnya, tombol WiFi ada kembali.


6. Jika kalian masih mengalami masalah seperti diatas, coba kalian buka penutup laptop bagian bawah dan cek apakah penghubung kabel pada wireless adapter terpasang dengan benar atau tidak,. Jika masih mengalami masalah seperti diatas kemungkinan kabel pengubung tersebut putus.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post