Cara memasang kamera Google di Redmi 5A, Gimana hasilnya?

Sepertinya admin telat ya bikin artikel ini, lanjut aja. Smartphone Redmi 5A diluncurkan pada bulan Januari 2018. Smartphone ini memiliki dua kamera. Kamera depan beresolusi 5 MP dan kamera belakang 13 MP dengan aperture f2.2. Kali ini admin ingin mencoba, gimana sih hasil dari kamera Redmi 5A yang menggunakan CAM2API. Hmmm, mari kita lihat.


Mari kita perhatikan. Kamera bawaan Redmi 5A terlihat lebih sedikit cerah dan minim noise dibadingkan Google Kamera. Namun, kualitas Google kamera jauh lebih baik dibanding kamera bawaan Redmi 5A, karena hasil jepretan kamera bawaan Redmi 5A terlihat seperti cat air. Noise hasil jepretan Google Kamera masih bisa dimaafkan dan masih bisa diminimalisir menggunakan Photoshop. Ok kita lihat lagi gambar yang lain dibawah ini.

Nah, untuk hasil jepretan kali ini, Google kamera lebih unggul dibandingkan kamera bawaan Redmi 5A. Bisa dilihat, detail yang didapat Google kamera lebih banyak dibandingkan kamera bawaan. Jepretan ini diambil tanpa mengarahkan fokus ke titik tertentu. Selain itu, Google kamera juga memiliki fitur bokeh. Google menyebutnya “Lens blur”, bahkan bokeh yang dihasilkan Google kamera dapat diedit. Kita lihat hasilnya.

Kalau kamu memotret orang atau selfie, hasil bokehnya pasti lebih bagus. Karena ini adalah objek yang bentuknya tidak teratur, Google kamera kesulitan untuk membedakan mana objek dan latar belakang. Untuk menggunakan fitur ini, cahaya disekitar objek harus mendukung. Kalau cahaya objek dan latar belakang dominan, hasil bokeh pasti akan berantakan. Tertarik untuk memasang? yuk ikuti langkah dibawah. Apa saja yang harus disiapkan?


Jika Redmi 5A kamu belum terunlock, kamu bisa lihat tutorial lainnya di Google, bing, dan yang lainnya. Ingat, unlock bootloader beresiko garansi hangus. Jika Redmi 5A kamu sudah berumur 1 tahun, membuka bootloader sudah aman dari garansi.

Jika kamu root menggunakan SuperSu, silahkan hapus root tersebut dan ganti menggunakan Magisk. karena module CAM2API tidak bisa berjalan menggunakan SuperSU. Jika Redmi 5A kamu hanya terunlock dan belum diroot, silahkan pasang Magisk di Redmi 5A kamu. Admin tidak akan menjelaskan cara memasang Magisk disini, admin hanya akan memberikan cara memasang modulenya saja.
  1. Unduh CAM2API, lalu masukkan file tersebut kedalam penyimpanan internal atau SDCard.
  2. Buka magisk manager, lalu sentuh menu dibagian kiri atas.
  3. Pilih menu module
  4. sentuh tanda “+” lalu cari file CAM2API berada.
  5. Tekan dan tahan file CAM2API.zip lalu sentuh buka.
  6. Module akan terpasang dan restart Redmi 5A kamu agar modulenya aktif.
  7. Pasang Google kamera, kemudian sesuaikan pengaturan Google kamera kamu seperti punya admin yang ada dipaling bawah.
  8. Keluarkan aplikasi tersebut lalu buka kembali.
  9. Pemasangan Google Kamera selesai.

CAM2API dan Google kamera ini dapat digunakan di Smartphone yang menggunakan Chipset Qualcomm Snapdragon 425 keatas dan terunlock bootloadernya.

Setelah module terpasang, silahkan atur Google kamera seperti pengaturan Admin.

Masuk ke menu “setting”, kemudian pilih “Lanjutan”. HDR+ Parameters kalian bisa ubah ke Medium atau High. Semakin tinggi yang kamu pilih, maka pada saat memproses foto akan semakin lama. Jika sudah kalian masuk ke menu Noise Reduction.
Di dalam menu Noise Reduction terdapat 3 menu, yaitu Main back camera, front camera dan Auxiliary back camera. Kalian aktifkan Tuning master switch, apply custom sensor, apply custom denoise di ketiga menu tersebut.

Pada tombol HDR+ diatas, kamu bisa pilih HDR+ aktif atau HDR+ disempurnakan. Keunggulan HDR+ Google kamera adalah, kalian bisa mengaktifkan fitur ini bersamaan dengan Flash light.
Ok, segitu aja dulu dari admin. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini, semoga bermanfaat untuk kamu yang membaca.


Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tulis dibawah ya :)
Post a Comment (0)
Previous Post Next Post